Khamis, 21 November 2013

Sunnah Yang Dilupakan Berbekam/Hijamah

2:13 PG

Umat Islam memiliki satu jalan untuk kesehatan yaitu Thibbun Nabawi. Thibbun Nabawi atau pengobatan Cara Nabi itu memiliki cakupan yang luas bukan hanya minum madu, zaitun, kurma atau bekam saja. Thibbun Nabawi mencakup nilai hidup yang harus dianut oleh Muslim seperti bersedekah, sholat Tahajud, membaca AlQuran dan sebagainya.

Semua hal sunnah dan wajib jika dikerjakan bukan saja bernilai pahala tapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Bekam merupakan jalan menuju kesehatan. Dengan melakukan bekam secara rutin sebulan sekali atau sesuai sunnah Nabi maka kebugaran dan kesehatan akan mudah kita raih dan hilanglah semua potensi penyakit yang ada dalam tubuh kita. Inilah Khasiat bekamsebenarnya.

HADITH BEKAM


Terdapat banyak hadis mengenai bekam di antaranya ialah: 
  1. Dari Anas bin Malik r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda;"Kalian harus berbekam dan menggunakan al-qushtul bahri" (Diriwayatkan oleh Imam bukhari, Muslim dan Ahmad)
  2. Dari Ibnu 'Umar r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda;"Sesungguhnya sebaik-baik sarana yang kalian gunakan untuk berubat adalah bekam, al-kist dan syuniz" (lihat Kasyful Astaar 'an Zawaaa-idil Bazaar)
  3. Rasulullah s.a.w. bersabda:"Sesungguhnya dengan berbekam itu terdapat kesembuhan."(Lihat Mukhtashar Muslim, Shahiihul Jaami' dan Silsilah al-Ahaadiits ash-Shahiihah)
  4. Dari Ibnu 'Umar r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda:"Jika ada suatu kesembuhan pada perubatan kalian maka pengubatan itu terdapat pada hirisan alat bekam atau dengan meminum madu"(Lihat Kasyful Astaar 'an Zawaa-idil Bazzar)
  5. Dari 'Uqbah bin 'Amir, Rasulullah s.a.w. bersabda:"Ada tiga hal yang jika pada sesuatu ada kesembuhan, maka kesembuhan itu terdapat pada hirisan alat bekam atau meminum madu atau dengan membakar di tempat yang sakit. Dan aku membenci pembakaran"(Riwayat Imam Ahmad)
  6. Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda:"Barang siapa yang berbekam pada hari ke 17, 19 dan 21 (Kalender Hijrah), maka ia akan sembuh dari segala penyakit"(Lihat Shahih Sunan Abi Dawud)
Sebagai gambaran kami berikan beberapa gambar titik titik bekam Nabi semoga bermanfaat...

Gambar Titik Bekam Nabi dan Khasiatnya 
Titik Bekam Hijamah Sunnah Nabi

Titik Bekam Asam Urat
Gambar Titik Bekam Nabi dan Khasiatnya
Titik Bekam Kepala atau Ummu Mughits

Titik Bekam dan Manfaatnya

Written by

GANTI yang sesat dengan yang diredhai Allah. GANTI yang khianat dengan yang amanah. GANTI segala perancangan dan program yang membawa kerugian dengan keberuntungan. GANTI segala sifat mazmumah (buruk dan tercela) yang ada pada diri sendiri dan masyarakat dengan sifat mahmudah (baik dan terpuji) GANTI mengajak perubahan. GANTI IS FOR CHANGE!!!

0 ulasan:

Catat Ulasan

 

© 2013 Gerakan Anak Terengganu Insaf [ GANTI ]. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top